Ternyata Inilah Penghalang Terbukanya Pintu Rezeki, Namun Seringkali Diabaikan


0 komentar | ✍️ Apa Komentar mu ? Tulis komentarmu, klik disini
  Yes    Muslim    - BERIKHTIAR, menjemput rezeki, adalah sebuah keniscayaan. Meski Allah telah menjamin rezeki bagi setiap makhluknya, itu tak berarti membuat diri menjadi pasrah. Hanya menunggu tanpa melakukan ikhtiar menjemput rezeki dengan semaksimal mungkin.



Rezeki, itu memang misteri. Akan tetapi Allah Ta’ala Yang Maha Pemurah dan Maha Penyayang membuat aturan yang sangat manusiawi soal konsep rezeki bagi seluruh hamba-hambaNya.
Selain memberitahukan sebab-sebab tercurahnya rezeki, Allah Ta’ala juga memberitahukan hal-hal yang menjadi penghalang tersampaikannya rezeki kepada seorang hamba.
Dan ternyata di antara penghalang-penghalang rezeki tersebut, ada dua penghalang utama rezeki yang amat banyak diabaikan oleh kebanyakan manusia.

Pertama, Tidur di Pagi Hari.
Tidur di pagi hari, betapa nikmatnya. Udara sejuk, membuat aksi tarik selimut menjadi rutinitas. Tidur di pagi hari, ternyata banyak digemari.
Sebagian di antara mereka ada yang dengan sengaja tidur setelah shalat Subuh, sebagian lainnya acuh, tidak menunaikan shalat Subuh dan tidak bersungguh-sungguh untuk memperbaiki diri.

Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Ahmad bin Hanbal, “Tidur di pagi hari menghalagi datangnya rezeki.”



Hadits ini dikutip oleh Imam Ibnul Jauzi dalam kitab Shaidul Khatir.
Jika masih tidur pagi dan berharap rezeki mengalir, ia tak ubahnya punguk merindukan rembulan.
Kedua, Berbuat Dosa.
Dosa menghalangi seorang hamba dari datangnya berbagai jenis rezeki, itu berlaku tak hanya dalam bentuk materi berupa uang, benda, dan lain sebagainya.

Pun dosa dapat menghalangi seorang hamba dari mendapatkan rezeki ketaatan. Ketaatan inilah sebaik-baiknya rezeki yang banyak diabaikan oleh sebagian kaum Muslimin.
“Seorang hamba tidak bisa memperoleh rezeki karena dosa yang dikerjakannya,”




Hadits yang dikutip oleh Imam Ibnul Jauzi dalam kitab Shaidul Khatir ini diriwayatkan oleh Imam Ahmad bin Hanbal, Imam Ibnu Majah, Imam Ibnu Hibban, Imam Al-Hakim, dan Imam Al-Baghawi Radhiyallahu ‘anhum ‘ajma’in. Wallahu a’lam. []

Sumber: Kisahikmah.



10 Perbuatan yang Menjadi Penghalang Rezeki

Dalam sebuah majelis yang digelar dan ustaz Yusuf Mansur menjadi penceramahnya, beliau mengutarakan bahwa ada 10 dosa besar yang bisa menghambat rezeki.

Dosa-dosa tersebut bisa dosa kepada Allah dan bisa juga dosa kepada sesama manusia. Bila anda merasa rezeki anda seret, cobalah identifikasi diri anda apakah anda melakukan salah satu atau beberapa dosa besar yang akan kami kutip satu persatu dari ustaz Yusuf Mansur.
Apa saja dosa-dosa besar tersebut hingga dapat menjadi penghambat turunnya rezeki dari Allah? Silakan indetifikasi diri anda apakah anda pernah melakukan dosa besar yang pernah diuraikan oleh ustaz Yusuf Mansur berikut ini:
1. Syirik (Menyekutukan Allah)Syirik adalah dosa besar penghalang rezeki, syirik adalah dosa yang tidak diampuni. Apabila ada orang yang meninggal dalam keadaan masih syirik maka ia akan berada dalam neraka selamanya.
2. Meninggalkan SholatSholat adalah wajib, meninggalkan sholat adalah dosa besar. Ada baiknya anda selalu menjaga sholat anda, sebisa mungkin ditunaikan. Sebaiknya ketika panggilan Allah (azan) berkumandang segeralah penuhi panggilannya, jangan ditunda. Nggak mau juga kan rezekinya ditunda oleh Allah.
3. Durhaka Kepada Orang TuaSurga ditelapak kaki ibu, durhaka kepada kedua orang tua sama saja menjauhkan diri dari surga. Sekaligus menjauhkan dari rezeki yang halal.
4. ZinaBagaimanapun jangan pernah melakukan zina. Hukuman orang yang berzin4 sangatlah berat dan juga termasuk dari dosa besar.
5. Rizki HaramPerolehlah rizki dengan cara yang halal, dengan usaha yang halal. Rizki yang diperoleh secara haram bisa memutus rizki halal karena rizki haram adalah termasuk dosa besar penghalang rezeki halal.
6. Minum KhamrMinuman keras atau khamr merupakan minuman yang memabukkan. Terdapat banyak hal yang mudharat pada khamr ini. Jauhilah khamr karena Allah.
7. Memutus SilaturahimMemutus silaturahim merupakan hal yang menghalangi rezeki, sebaliknya menyambung silaturahim adalah hal yang mendatangkan rezeki.
8. Menuduh dan Bersaksi PalsuHati hati dengan ucapan anda, mulutmu harimaumu. Terkadang mulut susah untuk dikendalikan, tapi cobalah berkata yang baik atau diam.
9. Kikir dan PelitKikir merupakan dosa penghalang rezeki, jauhilah kikir. Sebaliknya dermawan, suka menolong merupakan sikap yang mendatangkan rezeki.
10. GhibahGhibah atau gosip, membicarakan keburukan orang merupakan dosa besar! Awas, ghibah juga bisa dalam acara televisi.
Mari tinggalkan 10 perbuatan sia-sia tersebu. Agar rejeki makin lancar dan kita makin dicintai oleh Allah.





Republished byYesmuslim.Net ] 


🙂 Terima Kasih Sudah Membaca ✔️ Ternyata Inilah Penghalang Terbukanya Pintu Rezeki, Namun Seringkali Diabaikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik dan sesuai dengan topik 👌,
Terima kasih atas perhatiannya. 🙂

Artikel Terkait Lainnya

Portal Muslim Populer



Back to Top

Subscribe | Daftarkan Email Kamu disini