Kisah Hijrah Reza & Uki Kautsar "NOAH" ~Mulai Resah Setelah Melihat Kajian tentang Musik


Artikel Terbaru Lainnya :






0 komentar | ✍️ Apa Komentar mu ? Tulis komentarmu, klik disini
  Yes    Muslim    - Disaat karir musiknya melejit, mantan Drummer kelompok band Noah, Reza, memilih mundur dari kelompok band yang telah membesarkan namanya. Salah satu alasan personil Noah ini keluar adalah keinginan untuk memperdalam agama Islam yang lebih baik lagi.

Ketika rekannya Ariel masih mendekam di dalam penjara, Reza yang punya nama asli Ilsyah Ryan Reza ini mengaku diajak jalan oleh temannya di Jamaah Tabligh selama dua tahun. Menurut Reza, pengalaman ini adalah suatu hal yang baru baginya.








“Dulu, saya nggak pernah shalat. Ketika itu, saya baru dua tahun shalat, tepatnya sejak tahun 2010 hingga 2012. Sebagian teman ada juga yang kembali ke habitatnya sebagai anak band.

Tapi saya mengambil keputusan berbeda. Saya memilih mundur dari Noah, bukan karena menganggap musik itu haram, tapi karena tidak mau meninggalkan shalat,”  kata Reza saat Ngopi alias Ngobrol Perkara Iman di Masjid Raya Bintaro Jaya, beberapa waktu yang lalu.
Laporkan iklan?







Ketika itu Reza musyawarah dengan Lukman, rekannya sesama personil Noah, dan ulama di Bandung untuk berkonsultasi soal agama. Selama dua tahun, Reza mengaku seperti bolak-balik ke dokter untuk mendapatkan ketenangan, sekaligus melepaskan segala keresahan yang berkecamuk di dalam hatinya. Ia dihadaakan oleh dua pilihan, antara meninggalkan shalat atau rezeki yang berlimpah.

Satu hal, Reza berterus terang, ia tidak bisa membagi waktu antara manajemen dengan ibadahnya. “Kalau saya tetap bertahan di Noah, saya akan tabrak manajemen. Karenanya saya harus memilih untuk mundur dari Noah. Yang jelas, saya merasa berat dan tidak bisa ninggalin shalat, terutama shalat berjamah. Saya pun mulai belajar ngaji sejak tahun 2012. Hingga sekarang, bacaan Al Fatihah saya saja belum benar. Makanya saya berusaha memperbaikinya,” tukas lelaki kelahiran Poso, Sulawesi Tengah, 11 Maret 1977.


Reza juga mengaku sempat berniat kembali pada kehidupan yang lama untuk berfoya-foya dan hura-hura, tapi di sisi lain, ia begitu berat untuk meninggalkan shalat.  Pada tanggal 1 Januari 2015, Reza dalam koneferensi pers menyatakan resmi hengkang dari Noah.

Pasca hengkang dari  Noah, Reza aktif mengikuti taklim Jamaah Tabligh bersama rekan-rekannya yang lain sesama musisi, seperti Yuke Sumeru dan Derry Sulaeman. Ia sempat khuruj ke Bangladesh selama empat bulan. Reza setahap demi setahap, mulai menemukan ketenangan, dan berusaha untuk istiqamah, dan terus memperdalam agama Islam.






Cerita soal Hijrah, Uki NOAH Mulai Resah Setelah Melihat Kajian tentang Musik

 Uki NOAH belakangan santer dikabarkan mengikuti jejak rekannya Reza berhijrah. Memperkuat dugaan tersebut, di media sosial belum lama ini beredar video yang memperlihatkan penampilan baru gitaris band NOAH itu dengan gamis dan jenggot serta peci di kepalanya.

Tak hanya itu, di video itu pula Uki NOAH juga menyampaikan keinginannya berhijrah di depan puluhan jamaah yang menghadiri kajian Ustadz Syafiq Riza Basalamah di Sekolah Tinggi Dirasat Islamiyah Imam Syafi'i Jember, Jawa Timur.





Awalnya, Uki NOAH dipanggil Ustadz Syafiq Riza Basalamah yang mempimpin kajian maju ke depan dan menceritakan alasan kedatangannya jauh-jauh dari Jakarta ke Jember.

"Memang dari dua tahun kemarin mulai mencari tahu tentang agama Islam, apalagi di usia saya sekarang ini kalau buat saya sudah kelamaan enggak menuntut ilmu, terlalu sibuk bekerja," kata Uki NOAH seperti yang dikutip dari video yang diunggah akun @syafiqrizabasalamah_official, 10 Januari 2019.



"Makannya waktu datang ke sini (kajian Ustadz Syafiq Riza Basalamah) melihat kalian tuh aku agak iri, ke mana aja aku selama ini untuk menuntut ilmu? Perlahan-lahan di Jakarta mulai ikut kajian, diajakin sama istri juga, perlahan-lahan mencari kebenaran tentang profesi yang pasti sih, yang selama ini menjadi bagian hidup saya," sambung Uki NOAH.


Pemilik nama asli Mohammad Kautsar Hikmat ini lalu menceritakan tentang hijrahnya yang dimulai dari perasaan resahnya setelah melihat kajian sang ustadz yang membahas soal musik. Uki NOAH merasa satu kajian saja tidak cukup menjawab rasa penasarannya dan ingin terus memperdalam dengan mengikuti kajian yang lain.
"Secara gak langsung langsung diperlihatkan kajian Ustadz Syafiq tentang musik. Dari situ resah, kayaknya enggak mungkin dengan satu kajian terjawab semuanya kayaknya butuh pendalaman sampai bener-bener yakin," ungkap Uki NOAH.





"Sampai pada akhirnya sempat mimpi beliau (Ustadz Syafiq Riza Basalamah). Puncaknya itu waktu aku ke Belitung, beliau lagi ada kajian, Allah SWT mempertemukan saya duduk tepat di depan beliau, dari situ udah mulai bergejolak, kayaknya saya harus berbicara dengan Ustadz Syafiq Riza Basalamah," cerita Uki.
Usai mendengar cerita Uki NOAH, Ustadz Syafiq pun mendoakan agar Uki bisa istiqomah dengan hijrahnya. 

Pasca Hijrah, Ini yang Dirasakan Uki eks NOAH





Republished byYesmuslim.Net ] 


🙂 Terima Kasih Sudah Membaca ✔️ Kisah Hijrah Reza & Uki Kautsar "NOAH" ~Mulai Resah Setelah Melihat Kajian tentang Musik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik dan sesuai dengan topik 👌,
Terima kasih atas perhatiannya. 🙂

ADVERTISEMENT

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia
Cloud Hosting Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia
IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia
DomaiNesia
DomaiNesia

Artikel Terkait Lainnya

Portal Muslim Populer



Back to Top
  PERKEMBANGAN    COVID-19  

Subscribe | Daftarkan Email Kamu disini